Joglosemar Trip 2019 | Part Jogja

Gue excited banget dengan trip ini, karena ini akan menjadi perjalanan terlama gue so far, yaitu 6 hari. Kemana aja tuh? Ikuti terus cerita nya ya!

Gak perlu bawa banyak pakaian saat traveling sekitar seminggu. Bawa atasan dan bawahan yang bisa di mix and match. Jika memang kotor, cuci sendiri di kamar mandi penginapan atau memanfaatkan laundry yang disediakan, yang tentu saja harus mengeluarkan uang tambahan.

Jogja (9 Oktober – 11 Oktober 2019)

Day 1

Alternatif transportasi paling murah ke Jogja adalah kereta ekonomi Bengawan seharga 74rb rupiah. Pesan via traveloka. Kereta ini berangkat tepat pukul 11.20 siang dari Stasiun Pasar Senen dan sampai sekitar jam 8 malam di Stasiun Lempuyangan, Jogja. 

Sebelum ke hostel kita isi perut dulu dengan makan soto di sekitar stasiun. Lalu kita tanya ke Ibu penjual soto dimana flyover untuk naik taksi online, terus Ibunya ramah banget, ditunjukin dengan sangat jelas sampai dianter keluar warungnya. We're really thankful for her kindness.

My partner, Veby, already booked 2 nights room at Edu Hostel. Yes! Hostel! Ini pertama kalinya buat kita berdua nginep di hostel. Jujur rasanya deg-degan dan agak worry tapi excited buat dapet kenalan baru. 

Kita check in dan Veby bayar 50ribu –buat berdua- untuk deposit kunci kamar. Sampai di kamar, there was no one! Tapi terlihat jelas ada 2 ranjang yang udah ditempatin. Kita dapat kamar yang cukup cozy, kamar mandi nya juga bersih banget. 2 jempol buat Edu Hostel dan buat Veby yang berhasil menemukan tempat ini.

Di hostel kita bisa dapet harga lebih murah dibanding hotel namun harus jaga-jaga karena kita akan ketemu orang-orang asing yang belum tau mereka baik atau gak.

Harga 2 malam sekitar 150rban untuk kamar 6 bed. Ada plus breakfast. Pesan via traveloka. Semua aman cuma gue ada sedikit masalah saat gue coba naik ke bed tingkat ke2 nya. Antara gak mampu nanjat dan takut jatuh wkwk. Aku butuh penyesuaian guys hehe. 

Selesai simpan barang bawaan dengan baik –inget ya ini hostel, akan ada strangers, harus waspada- dan bersih-bersih badan setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, kita mulai perjalanan di jogja. 

Cukup khawatir karena udah malam, apa perlu kita istirahat aja buat rencana besok. Tapi Di iten yang udah gue buat, gue berencana untuk jalan-jalan malem ke Tugu Jogja dan Malioboro di hari pertama ini. Jadilah kita keluar. 

Keliling Jogja Malam hari

Saat kita keluar hostel dan mau cari grab untuk ke Tugu Jogja, ada bapak becak di sekitar hostel yang tawarin untuk keliling Jogja dengan tarif 30rb rupia

h PP. Gue mikir dan ngitung dulu, dan ternyata ongkosnya jauh lebih murah dibanding kalo naik grab karena tarifnya udah PP. Selain itu sensasi naik becak malam-malam seru banget –as I expected. Bantu warga sekitar juga, jadi plus-plus banget kan.

Rutenya Tugu Jogja, Jalan Malioboro, Alun-alun Selatan dan Utara. Bapaknya nganter dan bakalan nungguin kita. Iya ditungguin. Baik banget yaa?

Inget sekitar 4 tahun lalu saat perpisahan SMK, gue pengen banget ke Tugu Jogja malem-malem tapi gak bisa. Walaupun keinginan gue udah tercapai untuk ke Tugu Jogja, gue merasa belum bisa nikmatin sepenuhnya, gak tau kenapa? Atau gue keburu-buru lanjut ke tempat berikutnya karena udah malem ya? Jujur gue pengen banget bisa explore Tugu Jogja dari berbagai sudut dan enjoy lebih lama hoho.



Pernah ke Malioboroi sekali, tapi waktu itu gak sempat buat foto di landmark tulisan Malioboro nya. Terus gue malah menemukan spot yang menurut gue lebih bagus hasilnya, karena background pohon-pohon dan view kendaraan lalu lalang.  


Gue gak nyangka, kalao malioboro tetap rame walaupun saat itu udah jam setengah 11 malem. Gak nyangkanya karena saat itu masih rabu malam, gimana kalau weekend ya? Bakal serame apa?

Tapi Jujur gue enjoy banget jalan kaki di sepanjang Malioboro. Walaupun kita jalan dari ujung ke ujung, tapi gak kerasa capek. Menyenangkan aja berada diantara kerumunan orang. Tapi gue tetep kesel banget sama orang-orang yang merasa gak berdosa merokok di tempat umum! 










Berbeda dengan Malioboro, jalanan menuju Alun-alun sepi banget. Di jalan bener-bener cuma becak kita aja. Tapi setelah sampe di Alun-alun nya lumayan ada banyak orang tapi lagi kita gak turun dari becak. Padahal sebenernya pengen –tapi gak berani- cobain ke pohon beringin kembar. 

Balik ke hostel, sampai kamar, jengjeng, udah ada 2 orang disana. Kita kenalan,mereka adalah Teh Imas dari Bogor and Mba Fia dari Semarang (perantau yang lagi kuliah di Undip). Gue udah takut bakal awkward sama orang baru, tapi mereka sangat friendly, ngobrol nya nyambung banget, udah kaya teman lama. Sayangnya, Teh Imas harus pulang esok harinya.

Day 2

Ke Prambanan? Naik Transjogja aja



Dengan berbekal nanya ke beberapa orang sekitar, gue baru tau ternyata research gue kurang tepat. I found it so difficult kalo berhubungan sama rute bus kota, TransJakarta, Bus GoKL, TransBandung dan ini TransJogja.

cakep amat woy temen gue
Kita berdua jalan sekitar 450m dari hostel ke halte Ngabean untuk nanti transit di halte deket taman siswa –Suropati if im not mistaken, lalu lanjut naik bus no 1A. Intinya kalo mau ke Prambanan, kita harus naik bus nomor 1A.
Menurut gue bus nya cukup nyaman untuk seharga 3500 rupiah. Bapak supir dan kernet nya juga ramah banget. Di bus sisa kita berdua aja di beberapa halte terakhir sebelum prambanan. I wonder, apa ini karena weekday atau orang ngerasa ribet naik bus?

Kita melewati bandara Adisucipto tepat sebelum halte Candi Prambanan. Wow ini toh bandaranya Jogja.

Ternyata setelah sampai di halte Prambanan, jaraknya agak lumayan jauh untuk ke pintu masuk. Ada dua pilihan, bisa naik becak atau jalan. Kita memilih jalan, karena masih pagi.
Jadi ongkos yang dikeluarkan untuk ke Prambanan sangat murah Cuma Rp 3500. Masuk candi nya yang lumayan merogoh kantong sebesar Rp 60.000 harga Oktober 2019.





Gue saranin banget kalo kesini bawa payung karena –walaupun masih pagi- panas. Gue happy karena akhirnya bisa liat Prambanan secara langsung. Soalnya –yang gue inget- gue udah 2x ke Borobudur, tapi belum pernah ke Prambanan. They have their own charms.


Ke Jogja? Sempetin ke Taman Sari

Karena emang gak ada transportasi umum untuk ke Taman Sari, kita pilih untuk naik Grab aja setelah naik transjogja dari Prambanan.

Tiket masuk nya cukup murah dan ada tambahan beberapa ribu rupiah kalo kita bawa kamera.


Baru masuk kita disuguhin pemandangan kolam –bekas- pemandian yang warna nya ijo, dengan bangunan yang cantik. Kita cukup kebingungan untuk mencari lokasi dengan arsitektur gaya Eropa yang udah Veby rencanain.

Kita terus jalan dan berusaha cari-cari, lalu kita ketemu dan ditawarin local guide untuk diajak keliling ke location yang bagus. Kita sangat terbantu dengan adanya beliau, karena bangunan di Taman Sari ini agak terpisah-pisah dan tersembunyi. Dulunya Taman Sari ini luasnya hingga 10 hektar dan banyak bangunan lama yang udah runtuh dan di bangun ulang jadi rumah-rumah warga.

Jadi untuk ke spot kece-kece itu pertama kita masuk gang kecil lalu ngelewatin rumah-rumah warga. Wah gak nyangka sekali gue. Jadi karena kita first time kesini, jadi worth it banget untuk minta bantuan local guide.

Dan akhirnya kita ketemu bangunan cantik yang dimaksud Veby.





 Tempo Gelato

Setelah Taman Sari kita lanjut ke Tempo Gelato untuk mencoba gelato di tempat yang cozy banget ini. Tempatnya astetik sekali, dan gelato nya enak. Aku suka suka suka!



Sepulang dari explore hari ke-2, kita kedatangan beberapa penghuni kamar baru. Ada 3 orang!  Terus kita dinner bareng di kamar.


Day3



Setelah breakfast bareng sama all roommates, Di hari terakhir ini, gue, Veby dan Mba Fia pergi ke Titik Nol Kilometer dengan naik grab dari hostel. Saat itu walaupun masih jam 8 lewat, cuaca nya panas banget. Tapi gue suka dan enjoy karena sepi, cuma ada kita bertiga dan beberapa orang lewat.


Gue personally suka sama daerah Titik Nol Kilometer ini, karena ada beberapa bangunan tua yang didominasi warna putih dan coklat. Lain kali kalo ada kesempatan, mau kesini pas malam hari. 
 


 
nanda, mba fia, veby
suka kalo ketemu persimpangan seperti ini <3

Dilanjutkan jalan kaki ke Malioboro.



Setelah kita beres-beres barang dan make sure gak ada yang ketinggalan, kita berangkat ke Stasiun Tugu Jogja. Iya jalan-jalan kita segitu dulu ya di Jogja. Next time harus explore alamnya Jogja dan spend more days disana.
See you again Jogja!




Personal note:
Gue cukup bersyukur walaupun Cuma bisa menghabiskan kurang dari 3 hari di Jogja dan hanya bisa puas ke sekitar kota nya aja. Tapi lain kali gue pengen banget buat explore alam nya jogja yang obviously kece-kece saat gue udah punya SIM.
Gue sadar banget –setelah perjalanan berakhir- gue terlalu memaksakan iten, gue masih belum bisa enjoy secara maksimal liburan gue.


Share:

2 Comments

  1. wih fotonya bagus-bagus, jadi kangen jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ka, jogja emang selalu ngangenin ya :’)
      Makasih ka udah mampir ke blogku :)

      Delete