Joglosemar Trip 2019 | Part Solo & Semarang

Solo (11 Oktober – 13 Oktober 2019)

Day3

Surakarta atau yang sering juga disebut Solo adalah kota ke-2 yang kita kunjungi di trip ini. Dari Jogja ke kota ini membutuhkan waktu kurang dari satu jam dengan kereta api. Kita naik kereta Joglosemarkerto seharga 32ribu rupiah. But in fact, ada kereta lokal yang harganya jauh lebih murah, yaitu Kereta Prambanan Ekspress (Prameks) dengan hanya 8ribu rupiah. Murah banget cuy!

Hotel yang udah kita booking hanya berjarak 1.1km dari stasiun. Awal planning mau jalan, tapi kita decide naik grab car aja, karena ternyata 1km itu jauh ya hoho.

Kita bermalam di Mawar Indah Hotel di jalan Setiabudi. Agak kecewa karena bangunannya udah lumayan tua dan agak cukup mahal. Tapi setelah masuk kamar, ternyata kamarnya lumayan nyaman. AC dan TV nya berfungsi dengan baik. Kamar mandinya aja yang keliatannya jarang dipakai.

gabut di kamar, keluar buat jalan sekitar hotel

Karena gue gak nyusun iten dengan baik buat di Solo, kita gak keluar di hari pertama. Esoknya gue sendiri mau coba cari sarapan di luar hotel, lalu malah lanjut naik grab ke Pasar Klewer. Gue mau cuci mata aja sih liat-liat batik. Tapi akhirnya gue bawa pulang 2 daster batik buat emak gue.

Sarapan Nasi Liwet

Setelah dari Pasar Klewer, gue jalan ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Iya jalan, karena emang deket banget dari Klewer. Gue gak masuk kedalamnya, karena apa ya? Belum mau aja. Gue udah cukup puas liat bangunan luarnya yang emang udah cantik.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Veby pulang di malam ke2, gue nganter dia ke Stasiun Solo Jebres lalu gue balik ke hotel. Gue gak bisa bohong kalo saat itu gue takut banget sendirian di kamar itu. Kalo kamarnya kaya di Jogja sih insyaallah gue berani.

Yes, we had nothing special in Solo this time. Gue bisa liat Veby juga kecewa banget dengan trip ke Solo ini. Lebih baik stay lebih lama di Jogja karena kita had so much fun disana ditambah ketemu temen-temen baru. But, I believe ini semua karena kita –terutama gue, gak riset dan prepare dengan baik sebelum ke Solo. Sebetulnya gue udah siapin tempat-tempat kuliner yang mau gue kunjungi, tapi gak tau kenapa gak terlaksana. See you again Solo.

Semarang (13 Oktober – 14 Oktober 2019)

Day4

Alhamdulillah gue bisa melewati malam terakhir –sendiri- di Solo dengan baik dan bangun tepat waktu. Tidur tuh rasanya gak tenang banget dan pengen cepet-cepet pagi.

Gue akan ke Semarang. Yeay! Dari dulu gue pengen banget ke kota ini. Karena dulu gue pikir ini kampung Nenek gue. Tapi ternyata bukan di Semarangnya, melainkan Purwodadi.

Setelah subuh gue bersiap ke Stasiun Solo Balapan lagi naik grab. Saat itu jam 5 pagi masih sepi dan agak gelap, tapi untungnya udah ada ojek online.

Walaupun masih jam 5 pagi, ternyata banyak juga yang akan naik kereta ini. Dengan bermodalkan tiket yang udah gue beli jauh-jauh hari, gue masuk dengan tepat waktu.

Welcome to Semarang!

Dari Solo Balapan gue menempuh perjalanan darat ke Semarang Tawang. Setelah sampai di Semarang, gue pergi ke kos nya mba Fia untuk minta ditemenin ke beberapa tempat wisata. Dan sebelum pergi, gue numpang mandi hehe.

Dari kosan nya Mba Fia kita jalan kaki utuk cari sarapan dulu, karena literally saat itu masih sangat pagi. Yang udah gue sebutin tadi, gue berangkat dari hotel ke Stasiun Solo Balapan sekitar jam 5 pagi, jadi belum sempet sarapan.

Setelah perut gue kenyang banget, karena porsi nya terlalu banyak untuk sarapan, kita jalan ngelewatin Taman Indonesia Kaya.

Sam Poo Kong saat itu rame banget, karena tentu saja weekend. Masuknya sekitar 20 ribu rupiah. Sam Poo Kong adalah salah satu ikon kota Semarang yang udah lama ingin gue kunjungi. Syukur banget bisa kesana tanpa seorang diri. Karena awal rencananya gue udah siap aka pasarah untuk jadi Solo Traveler lagi di Semarang ini.

Setelah berjemur di Sam Poo Kong, dan hpnya mba fia penuh dengan foto-foto gue, kita lanjut ke Lawang Sewu untuk sekalian menuhin memori nya doi wkwk.

Gue di Semarang Cuma kurang dari 2 hari, gue bakal balik ke Bekasi besok hari sekitar jam 9 malam. Di hari pertama ini ditutup dengan pertemuan dengan Mba Nina. Kita ketemuan kira-kira setelah Isya di Pecinan Semarang yang ternyata deket BANGET dari hostel gue. Mba Nina nyempetin waktu nya buat gue, padalah doi lagi sibuk ngurus acara tunangannya, dan sekarang doi Alhamdulillah udah sah.

makanan favoritnya Nanda Fevy

BTW, gue stay di The Capsule Gajahmada dengan harga sekitar 120ribu rupiah untuk 2 malam. Cukup recommended buat stay di Semarang. Tapi yang pasti gue bakal pilih kosan nya Mba Fia yang gratis lol.

Day5

Di hari ke 5 trip joglosemar ini gue ke Masjid Agung Jawa Tengah. Masih ditemenin mba Fia. Gue naik grab dari hostel dan jaraknya lumayan jauh.

Wahh masjid nya cakep banget dan luas. Alhamdulillah gue bisa ngerasain sholat Dzuhur di dalam. Berbeda dengan di luar masjid, di dalam masjid adem banget.

Setelah dari Masjid Agung, kita balik ke hotel untuk makan siang –order online tepatnya.

Kita ketemuan lagi di sore hari untuk ke Kota Lama. Ahhhh aku cinta Semarang. Walaupun panas nya bikin aku mateng, tapi banyak tempat yang bisa di explore. Dan gue suka banget banget sama Kota Lama. Cantik, titik!

Selain cantik, daerah wisata ini juga cukup luas. Kita start dari Toko Wingko Babat yang terkenal itu, lalu jalan-jalan sore, ditemani berbagai kendaraan yang lewat dan sang golden hour.

Trotoar nya nyaman banget buat para pejalan. Banyak bangku di sepangjang trotoar. Banyak lampu-lampu kece. Bangunan-bangunan tua nya bikin jatuh cinta.

Pokoknya gue mau banget ke sini dan menikmati waktu sore menuju malam kaya gini lagi.  Ada yang siap nemenin? Haha

Pulang dari Kota Lama, gue berspisah dengan Mba Fia dan balik ke hotel untuk siap-siap balik ke Bekasi.

Karena kebiasaan gue yang selalu telat update di sosmed, tepat sebelum gue masuk ke stasiun, gue ketemuan sama salah satu temen gue waktu di Pare, Syifa. Doi lagi kuliah di Semarang dan menyempatkan waktunya buat ketemuan singkat sama gue. Hoho terharu.

---------

Walaupun mandek lanjutinnya, maafkan penulis ya yang masih harus berperang melawang laziness dan karena im an overthinker too.

Sekian cerita perjalanan Joglosemar ini, semoga cerita gak jelas ini ada sedikit manfaatnya ya buat kalian dan kalau ada yang mau ditanyakan dan kasih saran silahkan leave on a comment section below.

With love,
Nanda FW

Share:

2 Comments

1. Bagus banget artikel nya ,oh iya kamu dari bekasi ya. Aku juga dari bekasi

1. terima kasih banyak mas farhan sudah mampir ke blog saya^^ iya mas saya dari bekasi