Catatan Perjalanan Gunung Prau via Dieng 2020

Ke-3 kalinya ke Gunung Prau
(via Dieng)

Sejauh ini emang belum ada yang tanya secara langsung ke gue, “lo ga bosen ke Prau terus?” Kalo nanti ada yang tanya, bisa gue kasih link post ini biar bisa langsung baca hehe.

Gue percaya setiap perjalanan, walaupun tujuan nya sama, pasti cerita nya akan berbeda. Dan benar aja, gue tetap dapat pengalaman baru, ketemu orang baru dan dapat cerita seru baru.

Perkenalkan tim perjalanan gue kali ini

kiri (Abil), tengan (gue), kanan (Mba Nung)

Terminal Mendolo, 29 Oktober 2020

Akhirnya gue ketemu Mba Nung –setelah 3 tahun lebih— yang udah nunggu sejak satu jam lalu di terminal Mendolo. Lucunya kita belum juga memastikan kemana kita akan mendaki. There were 2 options, Prau dan Sindoro. Hati kecil gue berbisik, gue takut kita bertiga belum mampu untuk ke Sindoro. Kita udah fix akan ke gunung Sindoro via Kledung, sebelum tau kalo ternyata jalur tsb sedang tutup.

Temannya teman Mba Nung sebetulnya siap untuk menemani kita bertiga ke Sindoro lewat jalur apa aja, tapi gue masih gak yakin karena Kledung yang termudah pun jalurnya agak sulit untuk pemula. Disisi lain, gue ingin banget punya pengalaman ke gunung lain selain yang pernah gue daki. Tapi akhirnya setelah lebih dari 1 jam berdiskusi dengan diri sendiri dan yang lain, gue memutuskan lebih baik kita ke Prau via Dieng.

Kita naik mini bus yang sama dengan pendaki yang akan lewat jalur Patak Banteng dan bayar 20ribu rupiah. Kita turun di persis depan tulisan Dieng. Perjalanan dari turun bus menuju basecamp Dieng sudah lumayan menguras tenaga. Kita langsung disuguhkan dengan tangga-tangga yang banyak.

ini waktu perjalanan kita pulang

Agak surprise saat sampai basecamp Dieng, karena doi beda banget sama basecamp Patak Banteng yang rame, basecamp Dieng jauh lebih sepi. Saat itu yang gue lihat, warung yang buka hanya dua, yang satu pun jaraknya sekitar 50m dari basecamp. Atau mungkin karena sedang pandemic juga kali ya.

gerbang masuk jalur via Dieng

Gue udah prepared kalo sistem registrasti jalur Dieng ini lebih ribet, karena harus mendata semua barang yang kita bawa keatas. Tadinya gue kira akan di cross check langsung semuanya, tapi ternyata enggak, haha syukurlah. Setelah merapihkan barang, bersih-bersih, dan registrasi, kita mulai pendakian jam 13.00, saat banyak pendaki sudah turun dari puncak Prau.

Di awal pendakian, kita melewati ladang warga dengan pemandangan yang sangat cantik. Jalur Dieng dikenal dengan jalur landai dan lebih panjang. Mungkin karena membutuhkan lebih banyak waktu, jalur ini agak sepi. Buktinya saat itu selama perjalanan dari basecamp menuju pos 1 kita hanya bertemu satu pendaki yang akan naik dan beberapa grup yang sedang turun.

Kita baru bertemu dengan lebih banyak pendaki saat di pos 2, dimana pos pertemuan antara jalur Dieng dan Dieng Kulon (Dwarawati). Dan ternyata jalur Dwarawti itu lebih landai dan singkat dibanding Dieng. Gue belum pernah cari langsung pengalaman orang-orang lewat jalur situ.

Menurut gue jalur Dieng ini emang landai dan lumayan jauh banget perbedaanya dengan Patak Banteng yang terjal. Trek nya ramah banget buat pemula. Capek mah tetep ya, namanya juga ke gunung.

Walaupun ada beberapa kelompok pendaki saat itu, jalur tergolong sangat sepi. Kita bisa lebih enjoy dengan susasana alam, suara burung, suara angin, ahh! jujur waktu itu serasa hutan milik sendiri dan gue suka banget dengan trek yang kaya gini. Untungnya lagi trek nya lumayan jelas jadi Alhamdulillah kita gak kesasar, saat ketemu beberapa jalan yang bercabang. Karena kan beda banget sama beberapa pendakian sebelumnya, yang jalan sedikit pasti ketemu pendaki lain di trek, jadi kita jalan ngikutin orang-orang aja.

istirahat dan isi perut

Kita sampai di Puncak Prau sekitar jam 5 kurang. Ini puncak pertama gue cuy, 2590mdpl. Gue salut banget sama tim gue, khususnya Mba Nung. Kita bisa sampai puncak dalam waktu 4 jam aja. Karena gue sadar gue jalan terlalu cepat tapi lumayan banyak berhenti untuk istirahat kok.

Setelah sampai puncak dan juga di Telaga Wurung, gue bingung mau bangun tenda dimana. Sebenarnya uda ada beberapa tenda yang sudah berdiri di sekitar Telaga ini. Tapi gue agak sanksi, karena angin nya kenceng banget disitu. Eh tapi ternyata …

Kita diajak sama salah satu rombongan –asal Bogor— untuk ke Sunrise Camp. Perjalanan dari Telaga Wurung sampai Sunrise Camp jauh banget, kurang lebih 1 jam dengan kondisi kita bertiga saat itu. Saat itu gue udah terlalu lelah. Pundak gue rasanya perih banget, padahal dari puncak ke Telaga Wurung masih baik-baik aja. Kayanya ini disebabkan karena gue terlalu expect akan nemu spot buat bangun tenda yang dekat dari puncak.

Mereka jalan agak cepat sedangkan kita mutusin buat berhenti sebentar lalu lanjut jalan. Gue berniat buat pisah sama mereka karena ga enak aja. Sampai akhirnya sudah sampai di sekitar sunrise camp area, kita nemuin tempat kosong yang lumayan oke buat bangun tenda. Gue lihat ada satu mas-mas di tenda samping spot kosong itu dan gue tanya apa spot nya kosong. Alhamdulillah banget ternyata kosong.

Kita bertiga letakin carrier masing-masing dan mulai buat bangun tenda. Saat kita baru mulai, syukur banget beberapa mas-mas di tenda sebelah bantuin kita. Gue liat mereka lumayan kesulitan saat bantuin kita, soalnya saat itu kondisi sudah agak gelap dan ditambah angin kencang yang belum berhenti juga.

Ternyata kondisi angin di Sunrise Camp Area sama aja kaya di Telaga Wurung, sama-sama kenceng banget. Agak nyesel juga kenapa gak bangun tenda di Telaga Wurung aja. Tapi, untungnya sih kita bisa lebih deket buat liat sunrise.

Selesai bangun tenda, dan merapihkan barang-barang, kita masak dan makan lalu tidur. Gue bener-bener langsung tidur dan gak keluar tenda lagi karena anginnya kenceng banget. Dalam hati gue, “gagal lagi cita-cita gue ngobrol ngalor ngidul malem-malem di luar tenda”. Gue tidur sekitar jam 7 dengan pulas ditemani tenda yang terus goyang-goyang sampe pagi. Beberapa kali bangun sambil nahan pipin, tapi gak ada niat sama sekali buat keluar tenda.

Sunrise Camp Prau, 30 Oktober 2020

Esoknya gue bangun keluar tenda dan melihat kabut yang menutupi pemandangan cantik khas Prau. Gak ada golden sunrise. Gue masuk lagi ke dalam tenda karena anginnya masih aja kenceng banget. Setelah agak lama nunggu, beberapa kali ngintip keluar, kabut agak menghilang lalu kita turun agak kebawah.

sunrise saat itu (yang cuma sebentar)

Pagi itu kita sarapan pake mie dan bakso –yang udah agak asam huhu. Gue juga iseng masak nasi goring bermodalkan nasi yang dibeli kemarin siang –di basecamp— dan saus yang kita bawa. Lumayan enak ternyata. Setelah makan, gue rebahan lagi.

kabut yang datang lagi

Kita putusin buat turun gunung sekitar jam 9. Angin masih tetep kenceng juga walaupun uda agak siang, jadi kita mutusin buat cepet-cepet turun. Takutnya kalo tambah siang, akan hujan.

Gue takut banget nyasar saat arah balik menuju puncak lagi. Karena gue baru pertama kali lewat situ, dan ditambah kemarin udah sore –agak gelap—, gak focks juga hapal trek karena udah terlalu capek. Kita beberapa kali berhenti, inget-inget apa bener itu treknya, diskusi bertiga. Gue ketua grup tapi gue blank banget saat itu. Tapi berkat ingatan Mba Nung dan Abil, syukurnya kita sampe juga di Telaga Wurung dengan selamat.

Perjalanan dari Sunrise Camp ke Telaga Wurung saat itu lumayan mencekam buat gue pribadi. Saat itu kabut putih tebal nemenin kita sepanjang perjalanan dan cuma ada tim kita dan satu tim lain –baru ketemu setelah seperempat jalan— yang mau ke puncak.

Berbeda dengan perjalanan sebelumnya yang disaat turun gunung gue pasti kepleset jatuh, Alhamdulillah kali ini gue sama sekali gak jatuh. Makanya gue rekomendasiin banget buat orang yang belum pernah naik gunung, cobain deh ke Prau via jalur Dieng atau jalur Dieng Kulon (Dwarawati). Paling minusnya adalah agak jauh buat menuju Sunrise Camp. Kayanya sih ada jalur yang lebih pendek dari yang gue lewati waktu itu, cuma gue kurang tahu. Atau sebagai alternative lainnya, kalian bisa bangun tenda di Telaga Wurung, lalu berangkat pagi-pagi untuk liat sunrise di Sunrise Camp Area.

udah mau deket basecamp

pemandangan di awal pendakian

Total perjalanan turun dari Sunrise Camp Area sekitar 3,5 jam.

Catatan Perjalanan ke Prau via Dieng ini sudah selesai, tapi tunggu cerita selanjutnya kita di Dieng ya! Semoga ada manfaatnya postingan ini hehe. Let me know if you have any question, in the comment section.