Pengalaman Pertama Kali Mendaki Gunung // Sunrise Tercantik di Prau//

Setelah gagal mencari tiket bus di H-1 keberangkatan, gue dan rombongan cuma bisa berdoa buat besok –long weekend April 2019.

Tips: beli tiket dari jauh-jauh hari yaaa, apalagi kalau pergi saat long weekend. Tapi terserah sih.

Rombongan disini ada:
Upeg, gue, ka Fira

Keesokan malamnya, setelah antri –yang gak tau kapan berakhirnya, akhirnya kita dapat tiket ke Wonosobo seharga 200k sekali jalan –sekitar 2x lipat dari Sinar Jaya. Luar biasa mahal –buat gue, but we had no other option.

Gak lama setelah kita naik, bus pun jalan. Syukurnya kita dapat duduk di kursi tiga, dan gue duduk di samping jendela! Bus nya cukup nyaman ditambah kita berangkat malam, bikin pas banget buat kita untuk kumpulin tenaga aka tidur, setelah seharian kerja.

Gue yang termasuk orang yang bisa cepet tidur, sering merasa gak tenang kalo tidur di perjalanan, entah di kereta ataupun bus. Tapi bus agak lebih parah, karena gak seperti kereta yang punya jalur –tetap- nya sendiri, bus punya kondisi jalannya yang gak berbeda-beda. Kadang jalan lurus, naik, turun. Itu yang lumayan bikin ngeri. Akibatnya gue gak bisa tidur pules dan sering kebangun. Oke ini gak penting, tapi adakah yang sama seperti gue juga?

Sekitar jam 9 pagi kita sampai di Terminal Mendolo Wonosobo, kita langsung cari warung untuk sarapan. Dilanjutkan dengan beli barang yang belum ada, dan naik.

Wait! Itu rencananya, kenyataannya kita harus nungguin satu orang dulu seharian, karena dia berangkat sendiri dari Tanggerang, yang katanya berangkatnya selang satu jam dari kita.

Tips: kalau janjian sama orang, menurut gue akan jauh lebih baik kalo berangkatnya bareng dari meeting point yang sama, biar gak ada saling tunggu. Tapi terserah sih.
FYI, Kita stay seharian di Masjid Yamp Nurul Falah. Nyaman banget, deket buat sholat, ada kamar mandi dan deket warung makan juga.

Orang yang kita tunggu –namanya Andra- akhirnya datang, udah sore banget. Tapi karena ada sedikit problem dan beberapa urusan lain, kita baru berangkat ke basecamp Patak Banteng setelah magrib.

Gara-gara perkenalan Andra dengan sesama penumpang di bus yang akan ke Prau juga, rombongan kita nambah banyak orang. Gue gak hitung berapa, tapi mobil Tiger (Tiga Per Empat) yang kita tumpangin penuh dengan orang dan carrier. Banyak yang gak bisa duduk tapi untungnya para cewek dapat tempat duduk. Waktu itu kita bayar sekitar 25k/ 30k.

Jalan semakin naik, makin sejuk, badan berasa makin dingin.

Basecamp yang kita tinggalin nyaman banget, namanya Basecamp Mbok Ndut Ada banyak kamar buat para pendaki istirahat atau tidur, beberapa kamar mandi, dan ngecas gratis, serta yang paling penting adalah ada banyak makanan yang bisa kalian beli.

Sampai di basecamp gue makan untuk yang ketiga kalinya di hari itu –sebelumnya breakfast dan lunch. Gue sadar banget harus jaga stamina untuk naik gunung, apalagi saat itu belum genap sebulan gue habis diopname karena dbd+tipes.

Gue gak pernah nyangka akan mendaki di malam hari apalagi di pendakian pertama gue. Selesai beres-beres di basecamp lalu berangkat mendaki sekitar jam 9 malam –setelah tentu saja berdoa. Kita jalan dengan bantuan senter yang kita bawa. Tapi senter gak bisa membantu banyak, kita cuma bisa lihat trek –yang minim bonus.

Walaupun malam dan gelap banget-banget, ada banyak pendaki, jadi gue gak merasa horror sama sekali. Yang gue rasain cuma capek dan nafas yang kayanya udah abis, wkwk.

Jadi, total rombongan berubah jadi 6 orang, 3 cewek dan 3 laki-laki. Mereka yang lelaki ini udah sering banget mendaki dan pasti udah banyak melalui masalah dibanding kita, terutama gue satu-satunya noob. Itu bikin gue tenang setelah tau adanya kemungkinan gak dapet space untuk bangun tenda di puncak.

Saat kita lunch, bapak pemilik warungnya bilang kalau kemungkinan gak akan ada space di puncak dan gak akan ada transport juga kalau kita pergi terlalu sore.
Tapi gak tau karena hoki atau emang bapaknya cuma nakut-nakutin aja –bukan suudzon, kita dapat kok angkutan ke basecamp pas magrib. Mungkin karena long weekend jadi agak berbeda dari biasanya?
Belum sampe pos satu, tapi gue udah capek banget, karena jaraknya lumayan jauh dan nanjak terus. Napas gue pendek-pendek dan gak teratur. Padahal kita uda beberapa kali istirahat.

Setelah istirahat –lagi- sebelum sampai pos 1, bang ipul sama temennya –yang gue gak tau namanya- jalan duluan. Mereka nawarin para cewek untuk dibawain carriernya. Gue menolak karena gue –mau- percaya gue pasti bisa, tapi beberapa menit setelah mereka pergi gue menyesal nolak tawaran mereka wkwk.

Mereka jalan duluan untuk cari space dan bangun tenda. Karena pasti kalau tungguin para cewek –yang banyak berhentinya- bakal gak nyampe-nyampe dan kita bener-bener gak akan dapat tempat.
Andra yang bertugas buat ngawal para cewek. Dia cukup sabar nungguin kita. Gue yang setiap 5 menit berhenti, Ka Fira yang sampe ketiduran di trek.

Setelah pos ke 3, cacingan really made me crazy, kaya gak ada ujungnya.

Sekitar jam 2 pagi, kita sampai di camp area dan langsung pangil-pangil bang Ipul, beberapa kali kok gak ada jawaban juga? Tapi maklum banget karena disana ada banyak tenda dan ratusan orang, jadi ga bisa langsung ketemu. Setelah kita coba lagi dan lagi, dan keliatan ada sinar lampu. Alhamdulillah ketemu. Tapi ternyata mereka cuma dapat space untuk bangun satu tenda. I had no choice. I honestly was very afraid of will bad things gonna happen? But thankfully nothing bad happened, everything was okay.

Setelah dinner -atau early breakfast- yang lumayan fancy, kita tidur. Gue tidur dengan pulas. Baru beberapa jam tidur, gue dibangunin untuk lihat sunrise! Angin pagi nya itu menyakitkan banget. Gak calm dinginnya.
But here, my best sunrise so far in my life.

Bang Ipul ajak kita buat keluar tenda dan cari spot yang oke buat foto-foto. Ka Fira gak ikut karena dia gak kuat dengan dinginnya pagi itu.

I can’t describe how beautiful that morning. Everything is paid off. I was speechless. I foget about all my problems in life for a while.

Baru setelah agak siang, kita semua keluar dan foto bareng.

Honestly, gue gak nafsu makan sama sekali, karena perut gue gak enak setiap kali kedinginan. Saat yang lain semangat banget buat masak, gue cuma liatin aja dan mikir, apa bakal habis itu makanan?

Selesai breakfast dan cuci piring kita beres-beres untuk segera turun. Kita turun ber4 via Patak Banteng lagi dan kita berpisah dengan abang-abang itu.

Honestly, gue belum puas berada disana. Kita baru sampai jam 2 pagi, dan harus balik ke bawah jam 9. It was really a short time! Tapi mau gimana lagi, kita udah beli tiket bus ke Bekasi yang berangkat jam 4 sore. Takut terlambat kalo gak secepatnya turun.

Saat kita turun, gue gak nyangka bisa liat pemandangan ini di gunung. Antriannya panjang banget. Kita berbelok ke arah kiri, ikutin orang.

Trek sebelah kiri lebih terjal, walaupun gue bisa lihat pemandangan yang kece banget. Gue berkali-kali jatuh. Lumayan frustasi, malu dan sakit.

Di depan gue ada cowok lagi gandeng tangan cewek, cowoknya perhatian banget. Gue gatau sih itu ceweknya atau temen aja. Terus karena liat gue jatuh terus, dia nawarin gandeng tangan gue wkwk. Gue mau mau aja, karena gue butuh itu wkwk. If you read this, makasih ya mas.

Gak lama setelah lewatin jembatan yang bikin dag-dig-dug ini, kita kembali ke trek utama. Gue merasa walaupun menurut gue turun lebih susah, tapi turun makan waktu lebih sedikit daripada naik.

Saat kita menuju basecamp setelah keluar dari trek, hujan turun deres banget. Syukurnya udah sampe. Gak kebayang kalau hujan-hujanan di trek.

Setelah cukup bersih-bersih –walaupun gak sempet mandi, kita naik mobil Tiger lagi untuk ke terminal.

Waktu nya mepet banget, hampir setengah 4 tapi kita belum naik bus. Tapi ternyata, bus baru jalan sekitar jam 5 atau 5:30, I don’t remember tho.

Impression of me being pendaki noob:

I met kind people

Walaupun sebelumnya belum pernah kenal, tapi rela bantu satu sama lain. Kasih informasi, saran bahkan dimasakin makanan.

I have to be more patient

Yes, harus bisa banyak belajar untuk lebih calm saat mengalami berbagai situasi

It’s not joke, hiking is so tiring

Naik dan turun punya kesulitan sendiri. Saat naik butuh tenaga lebih kuat buat melangkah, dan nafas yang teratur. Saat turun butuh tenaga juga buat ngerem. Dan harus siap buat jatuh berkali-kali seperti gue lol.

I don’t mind doing it again

Yes! Walaupun setelah mendaki gue terserang pegal-pegal linu beberapa hari, tapi gue selalu dihantui rasa rindu buat balik lagi.