#Day1 in Kuala Lumpur | Thean Hou Temple - Bukit Bintang

You only live once, so enjoy the journey.

Indonesia, 24 Agustus 2019

Flight gue jam 11AM tapi jam setengah 6 gue udah stay di halte Damri, Grand Wisata Tambun. Sebegitu takutnya gue telat.

Ternyata pagi itu jalan tol sangat lancar. Gue lupa berangkat bus tepatnya jam berapa, tapi jam 7 gue udah sampai di Soeta. Gue turun di Terminal 2, tapi jujur takut banget kesasar letaknya AirAsia di terminal 2 yang mana. But, i actually don't have to worry karena bapak supir Damri nya akan nanya ke setiap penumpangnya mau naik maskapai apa. Beliau kasih tau kalau AirAsia itu di Terminal 2F. Thank you so much pak supir Damri.

Gue auto cari toilet karena why gue deg-degan dan berakhir mules. Banyak banget yang gue pikirkan. Bawa carrier 50L yang mungkin melebihi 7kg terus gimana kalau gue disuruh beli bagasi, lalu gue juga takut ditanya macem-macem di imigrasi Indo dan Malaysia karena waktu itu posisinya gue lagi ga kerja, dan tentu saja diriku sangat takut naik pesawat itu sendiri wkwk.

Saat urusan perut beres dan walaupun flight gue masih lama, gue langsung masuk aja ke gate pertama Terminal 2F, lalu disitu ada pengecekan tas. Gue masih kagok kalau segala benda yang terbuat dari besi harus dilepas dari tubuh, termasuk hp -karena hp gue ada di kantong celana-

Setelah masuk gate, gue langsung bergegas untuk mengecek berat carrier gue, dan betapa bahagia nya ternyata berat carrier gue hanya sekitar 4.5kg *girang*

Kekhawatiran pertama terlewati.
Kekhawatiran kedua menunggu. Imigrasi Indonesia.

By the way normalnya itu harus check-in dulu sebelum ke Imigrasi, tapi karena gue udah check in online di aplikasi AirAsia, so gue bisa langsung ke Imigrasi. Untuk memastikan, gue tanya dulu ke petugas di counter AirAsia apa perlu gue print boarding pass lagi, dan ternyata gak perlu, cukup tunjukkin e-boarding pass yang udah gue dapet aja. Tapi jujur gue pengen punya print boarding pass hehe.

Lanjutlah gue ngantri di imigrasi, antrian rame tapi gak terlalu panjang karena ternyata prosesnya lumayan cepat. Tiba giliran gue. Gue udah menyiapkan senjata terampuh untuk lolos Imigrasi. Apa itu? Lembar print Tiket Pesawat Pulang dan Bookingan Hotel. Mbaknya tanya berapa lama gue akan di Malaysia, terus langsung gue keluarin senjata deh. Paspor gue di cap! Yeaaay!

Kekhawatiran kedua terlewati.
Kekhawatiran ketiga menunggu. Naik Pesawat.

Setelah lolos imigrasi, gue melewati pengecekan barang untuk kedua dan terakhir kali. Jam 9 gue udah beres segala sesuatunya, hanya tinggal tunggu untuk check in dan naik pesawat.

Senang campur nervous, i finally made it. Traveling naik pesawat dengan uang sendiri. Ternyata naik pesawat pertama kali buat gue cukup menakutkan, apalagi pas take off *maaf norak*.

Samping gue ada dua cici yang akan berlibur juga ke Malaysia. Mereka agak kaget kalau gue ke Malaysia sendirian dan pertama kali juga gue naik pesawat.

Gue beli kursi samping jendela.

Are you ready to fly for the first time?

Now Playing: Lee Seung Cheol - Fly

Malaysia, 24 Agustus 2019

Kekhawatiran ketiga terlewati,
Kekhawatiran terakhirImigrasi Malaysia.

Alhamdulillah pesawat landing dengan mulus, dan sampailah gue di Bandara KLIA2. Gue melewati Imigrasi di Malaysia dengan sangat lancar. Gue sesenang itu saat lolos Imigrasi Malaysia.

Kekhawatiran terakhir terlewati.

Setelah dari imigrasi gue kaya anak ilang, gak tau harus kemana karena KLIA 2 ini lumayan gede dan pertama kali gue tiba di Arrival Terminal suatu bandara. So dengan sok pintar gue hanya ikutin arus aja, hehe.

Gue beli sim card lalu sholat Zuhur. Gue lumayan kesusahan cari tempat sholat, gue udah tanya ke seseorang tapi gue gak kunjung lihat ada papan petunjuk.

Setelah selesai sholat, gue mencari eskalator untuk turun satu lantai ke bawah menuju tempat bus ke KL Sentral berada, tapi susah ketemu lagi huhu. FYI bus arah ke KL Sentral itu ada di satu lantai di bawah terminal kedatangan.

Beli tiket bus ke KL Sentral seharga RM 10. Busnya nyaman banget, gue duduk sendiri karena emang lumayan sepi. Jadwalnya juga lumayan banyak.

Welcome to Kuala Lumpur!!

Sampai di KL Sentral, gue naik satu lantai untuk menuju peron LRT. Gue beli tiket menuju Pasar Seni Station. Gue beli tiket di Vending Machine, mirip machine beli tiket KRL di Indonesia. I didn't find difficulty when buying the ticket.

Gue jalan dari stasiun Pasar Seni ke Hotel di Petaling Street, karena emang jaraknya lumayan dekat. Gue mengandalkan Maps, lalu gue kebingungan. Maps kasih arahan yang ternyata lebih jauh, muter *seperti biasa ya kan* tapi gue unitentionally passed Sri Mahariamman Temple, salah satu tempat yang udah gue tulis di iten. Gue mengabadikan moment sebentar dan lanjut jalan, karena gue udah rencana untuk ke temple ini di hari terakhir. Apakah gue berhasil mengikuti iten yang udah dibuat?

Walaupun jalan jadi lumayan jauh karena muter, gue gak ngerasa capek, gue sangat excited karena  trotoar nya sangat proper. Nyaman banget.

Sampailah gue di Petaling Street. Jujur! Rame banget. Hotel yang gue pesen ternyata sangat dekat dengan gerbang Petaling Street.

Sampai hotel gue langsung check in, lalu mandi, sholat ashar dan make up seadanya untuk bergegas ke tempat pertama yaitu Thean Hou Temple. Gue order grab sendirian. Jujur deh kalau di Malaysia ada grab bike gue definitely akan pilih itu aja. Tapi syukurnya gak terlalu mahal sih. Naik dari Petaling Street ongkosnya RM 9.

Saat itu hujan dan macet, sedih. Karena hujan jadi mendung banget. Gue merasa agak bersalah ke diri sendiri kenapa ga planning ke Thean Hou Temple pas pagi hari, tapi ternyata Thean Hou juga indah di sore hari.

I took many pictures and selfies cause this temple is beautiful.

The background is the KL city view.

Dari gue menginjakan kaki di Temple ini sampai gue balik, hujan nya gak berhenti. Saat itu suasanya nya tenang banget, dan karena hujan jadi suasananya romantis. Gue neduh dan menyendiri di lantai atasnya, sendiri. Sedikit horor tapi gue berani karena masih lumayan terang. Gue langsung turun saat mulai gelap.

I didn't bring tripod, so i only used my bag to take this pic.

Lanjut dari Thean Hou Temple gue cabut ke Bukit Bintang untuk dinner *jauh banget ya dinnernya* dengan order grab ke KL Sentral Station. Gue dengan bodohnya dari KL Sentral ke Bukit Bintang naik monorail, padahal ada yang gratis yaitu naik Bus GoKL.

Yang lebih ngeselin kalau mau naik monorel dari KL Sentral itu peronnya lumayan jauh pemirsa. Walaupun yang gue lewatin adalah mal yang sangat adem, sambil cuci mata juga ya kan.

Ditambah lagi gue salah beli tiket kata seorang mak cik *padahal gue udah yakin bener loh!* alhasil gue gak bisa keluar di Stasiun Bukit Bintang. Gue harus bayar lagi ke Mak Cik di loket huhu. Jujur orang itu jutek banget. Bukan hanya gue yang salah, tapi ada bule cantik juga, dan kita sama-sama di omelin. Gak ada ramahnya sama sekali. Gue bisa sedikit ngerti, mungkin kalo sama orang Indo ada beberapa dari mereka kurang respect, tapi ini bule loh. Do we think the same?

Asli sih Bukit Bintang rame betul. No wonder sih, "Saturday Night". Di Bukit Bintang gue dinner di Ayam Hainan Chee Meng. Untunglah gue adalah orang yang sangat nyaman makan sendirian.

Overall enak, gue suka, sayang gue gak familiar sama kuah coklat ayamnya, but tertolong dengan kuah beningnya. Gue akan makan ini lagi kalo ada chance ke KL lagi! Dan akan order lebih banyak makanan hehee.

Selesai makan gue jalan menyusuri Bukit Bintang mencoba menjadi orang yang bener tapi malah mirip orang ilang. Sembari jalan gue memperhatikan money changer yang bertebaran di pinggir Bukit Bintang, karena gue berencana untuk menukar beberapa ratus rupiah ke ringgit.

Gue coba masuk ke beberapa mal yang sayangnya udah sepi, banyak yang udah tutup karena udah lumayan malem. Gue juga gak terlalu interested untuk spending time di mall.

Jam 9 malem gue udah berdiri menunggu bus GoKL untuk balik ke hotel. Gue agak menyesal kenapa gue harus pulang sesore ini, tapi emang badan gue lumayan capek dan hitung-hitung saving tenaga buat explore seharian di hari ke dua.

Tempat untuk menunggu bus GoKL

Gue bersyukur banget karena gue gak tersesat walau sejujurnya hampir kelewatan tempat seharusnya gue turun. Saat bus berhenti di tempat tersebut pikir gue dalam hati kok kayak kenal ya sama daerah ini. Dan gue langsung tanya ke drivernya  "Petaling Street?" dan yes memang benar. Fortunately ingatan gue sedang sangat baik.

Dan betapa kagetnya gue Bukit Bintang ke Petaling Street sedekat itu dan secepat itu kalau naik bus GoKL.

Setelah turun dari bus gue mampir ke minimarket di sebrang jalan Petaling Street. Gue beli mineral water 2L. Gue menyesali membuang botol plastik di Soeta. Harusnya gue bisa refill dari botol 2L ke botol kecil untuk di bawa keliling esok harinya.