#Day2 in KL | Batu Caves - Masjid Negara - Dataran Merdeka - KLCC

Malaysia, 25 Agustus 2019

"Karena hari itu adalah encore traveling gue, siap-siap panjang ya baca post nya."

Berusaha mengikuti iten yang udah gue buat, gue bangun sangat pagi. Gak gue sangka, ternyata jam 6 di Kuala Lumpur saat itu gelap banget. Ditambah pula, pagi itu hujan turun lagi. Gue  yang berencana untuk naik kereta pertama ke Batu Caves, harus nunggu karena gue gak bawa payung *nangis*

Gue keluar hotel sekitar setengah 7 setelah hujan mulai reda. Then, jalan menuju Pasar Seni St untuk transit ke KL Sentral. At that time, i really enjoyed my life, walk alone enjoy the silent morning city.

Sepengetahuan gue yang limit ini, Pasar Seni St gak ada kereta (KTM) untuk ke Batu Caves, so gue akan naik dari KL Sentral. Tapi ternyata Pasar Seni St terhubung dengan jembatan ke Kuala Lumpur St -ada jalur KTM nya-

Bete!! Gue masih kurang research nya >.<

Jembatan yang menghubungkan Pasar Seni St & Kuala Lumpur St

Kereta ke Batu Caves ada di Platform/ Peron 1. Remember! Ada dua rute KTM di Platform 1. Saat itu pun jujur gue bingung dan takut salah naik. Yang penting pantau terus schedule board nya. Sayangnya KTM tidak tepat dengan jadwalnya, ngaret.

Gue ga expect kereta nya akan sekece ini. Gerbong nya bersih dan nyaman. Kursi nya empuk, AC nya oke. Untuk ongkos sekali jalan RM 2.5, ini sih kelewat mewah.

Sekitar setengah 8 gue sampai di Batu Caves St. Happy! Ternyata disana masih gerimis dikit. Saat itu sedang ada renovasi di salah satu area dan patung. Sebelum makin siang makin rame, tanpa pikir lama-lama gue langsung jalan ke patung Murugan -list tempat wajib gue liat langsung- yang keliatan banget.

Eh ternyata gue nyangkut dulu di taman sebelah Patung Murugan. Di internet fotonya bagus-bagus. Aslinya memang cukup cantik, tapi gue gak bisa ambil angle yang bagus, karena lensa 35mm yang baru beberapa bulan gue punya belum didukung sama skill gue.

Dan akhirnya tercapai juga wish gue untuk melihat patung ini secara langsung. Saat itu masih terbilang pagi loh, tapi Batu Caves udah lumayan rame.

Gue mencari seorang korban untuk nolongin gue. Gue menemukan seorang mbak *yang sepertinya solo traveler juga karena doi sendirian* dan ask her politely untuk fotoin gue di depan patung ini. Thank you yak mba.

Gue decided buat naik tangga -yang banyak banget anaknya tapi colorful cantik ini- karena gue percaya gue bisaaaa! Penasaran juga ada apa di atas. Capek? Yo pasti.

Saat sampai di atas, jujur rasanya fresh banget. Udaranya bikin gue betah berlama-lama di dalam gua.  Untuk kalian yang mau ke Batu Caves, cobain taklukin ratusan tangga itu ya!! Worth the energy. Di dalam ada beberapa temple gitu, dan cantik karena warna warni. Selain banyak traveler, saat itu juga banyak orang yang sedang ibadah.

Cukup menikmati di dalam gua, gue turun dengan sangat hati-hati dan hampir jantungan saat gue sedang geser ke pinggir tangga untuk ikat tali sepatu, gue melihat ada seekor monyet yang sedang nangkring tepat di samping kiri gue. Alasan gue mau kesini pagi-pagi adalah untuk tidak bertemu dengan monyet yang banyak kata orang ngeselin ini.

Selain patungnya, temple yang cantik, udaranya yang adem banget, gue suka disini karena banyak burung di area bawah patung Murugan. Gue lari-larian biar burungnya terbang, tapi gue malah takut liat burung terbang di atas kepala gue hehe.

Setelah patung Murugan, gue interested untuk foto yang proper patung Ramayana karena gue susah dapet foto bagus dari luar karena terhalang gerbang. Randomly gue coba masuk dan ternyata ada fee nya RM 5, karena terlanjur tanya sama penjaganya dan itung-itung bantu warga sekitar, gue pun masuk dengan pede nya.

Zonk! Di dalam temple ini gak ada orang sama sekali. Cuma ada banyak patung yang bikin gue merinding. Tapi gue masih aja wonder untuk tetap jalan ke dalam *karena sayang udah bayar dan emang terang karena banyak lampu* then luckily gue bertemu satu pasangan patung manusia. Tapi mereka otw mau keluar. They said that there was no one inside. Whoaaaa! Gue pun juga perlahan jalan keluar.  Pengalaman yang lumayan horor. Tapi gue penasaran banget sama tangga -yang pasangan itu turuni- ada apa

Gue cabut ke KL lagi. Gue turun di Kuala Lumpur St, karena gue akan ke Masjid Negara yang letaknya berdekatan dengan station ini. Bangunan Station ini tua, gue suka. Old but gold. Oh iya, gue  salah pilih pintu keluar stasiun.
duh ini cantik banget
source google

Salah pilih exit stasiun lumayan berdampak buruk. Map di hp aktif, tapi gue tidak kunjung menemukan cara untuk sampai ke Masjid Negara. Lost, again. Gue jalan ke arah sana salah, gue balik arah dan pilih arah lain, baru ketemu celah buat nyebrang. Nyebrang nya juga agak horor, kendaraannya ngebut-ngebut. Takut beneran gue.

It's okay to be lost in your journey, that's the story, the experience!

Tapi karena tersesat itu, gue gak sengaja nemu bangunan tua keren lagi, KTM Berhad yang letaknya bersebrangan dengan Kuala Lumpur Station.

Cukup cuci mata melihat bangunan tua yang cantik-cantik itu, gue cabut ke Masjid Negara yang ternyata letaknya di samping KTM Berhad.

Ada halaman yang cukup luas di depan masjidnya. Gue suka bangunan nya, cantik warna putih dan bermotif gitu. Gue masuk masjid dan feel fresh karena ada air mancur hehe.

Gue gak menghabiskan waktu yang lama di Masjid ini, karena gue akan langsung lanjut ke Dataran Merdeka lalu Masjid Jamek untuk sholat Zuhur. Jelas-jelas di maps dan gue juga udah paham kalo dari Masjid Negara ke Dataran Merdeka itu sekitar 1km, so jalan gak akan jauh. Tapi gue strick banget sama iten yang udah gue bikin untuk naik bus GoKL.

Gue naik bus itu dan udah siap-siap banget akan turun karena emang deket dan gak akan lama. Gue tunggu dan tunggu, tapi ini bus gak kunjung berhenti di halte yang gue mau.

Saat itu kondisi gue berdiri menghadap ke arah kiri bus, dan jengjeng Dataran Merdeka ternyata ada di sebelah kanan -baru sadar setelah di Indo-

Muka gue panik dan dari situ ada cowo Pakistan yang senyum ke gue. Gue senyumin balik pasti. Doi nanya gue dari mana dan hal-hal basic lainnya. Gue yang udah panik jadi males ngeladenin dan gue juga kurang ngerti Melayu nya dia yang gak gue paham. Intinya gue bilang mau ke Dataran Merdeka dan doi kasih tau harus turun di halte berikutnya. Doi turun tapi gue engga karena gak mau mudah percaya.

Akhirnya gue sampai di pemberhentian terakhir bus Red Line, Terminal Pekeliling which is udah deket sama Titiwangsa (!!!). Gue turun dan gue ketemu lagi sama cowo itu. Kok bisa woyy? Doi nyamperin gue ngajak makan, gue bilang gak mau dan doi maksa. Feeling gue gak enak. Doi minta nomer gue dan gue kasih aja *toh ntar bisa gue blokir*

At that time gue gabisa bersikap tegas, gue terlalu takut. Long story short, kita ke Dataran Merdeka bareng, karena itu alasan gue menolak makan sama doi. Kok bisa bareng? Karena gue yang ajak dia *gak waras* haha. Tunggu dulu, Dataran Merdeka pasti rame, so gue pikir Insyaallah akan aman .

Oh ya, gue tanya petugas yang ada di terminal itu gimana ke Dataran Merdeka dan mereka suruh gue buat naik ke bus Red Line *lagi* yang ternyata dibawa oleh abang supir kece *tapi kayanya udah nikah deh*.

Feeling gue gak  salah. Setelah turun kita jalan berdampingan *eakk, tapi jujur ini gue takut*, dia mepet-mepet ke gue *kezel* Gue yang sadar banget akan hal ini agak menjauh *pasti!* tapi dia mepetin lagi *arghhh*. Kita ngobrol tapi gak nyambung, gue gak ngerti Melayu dia, gue ngomong English dia gak ngerti *haduh*

Sampai lah gue di Dataran Merdeka. Honestly i didn't enjoy it at all! Gue hanya foto seperlunya, mau keluarin kamera tapi takut. Padahal objectnya cantik banget.

Lanjut ke Masjid Jamek dan Alhamdulillah udah mau masuk Zuhur. Gue berusaha untuk tegas kalo abis sholat gue mau balik ke hotel, so kita harus pisah. Gue memisahkan diri ke tempat wudhu wanita dan gue liat ada 2 cewek, gue langsung sksd, karena wajah mereka sepertinya friendly. Ternyata betul, mereka adalah 2 kind girls from Negeri Sembilan.

Akma, Nanda, and Aini

Kita Sholat Zuhur bareng dan gue ikut mereke untuk explore Dataran Merdeka *lagi* Iten gue ancur gara-gara cowo itu.

Kita bertiga jalan bareng. Gue ikut mereka kumpulin stamp gitu. Kita lunch bareng juga di McD makan nasi lemak yeayy. Mereka baik banget asli. Bersyukur banget bisa kenal dan ngobrol bareng Akma dan Aini. Gue invite mereka untuk dateng ke Indonesia khususnya Jawa, Insyaallah gua akan jadi guide mereka.

Seletah dari McD kita berpisah, sedih gak bisa spend more time sama mereka. Gue jalan ke arah hotel gue, karena Akma dan Aini bilang mereka jalan dari Central Market ke Masjid Jamek gak terlalu jauh.

Gue mandi dan istirahat sebentar untuk lanjut ke Twin Tower *yeayyy*. Gue naik LRT dan turun di stasiun KLCC. Padahal sebenernya bisa naik bus GRATIS (!) GoKL dari Petaling Street!

Finally i am here

Setelah susah cari jalan, akhirnya gue sampai di KLCC Park. Bagus banget!!!! Ada playground, jogging track *dengan view Twin Tower*, swimming pool juga ada! Please Bekasi atau Jakarta adain area kaya gini juga.

Malam hari, ada pertunjukan dancing fountain. Cantik. Sejauh mata memandang, gue hanya melihat orang dengan keluarganya, teman-temannya. Rame banget. Gak heran, karena semua fasilitas ini bisa dinikmati FREE!

Saat dinner gue beli Subway di Suria Mall. Akhirnya bisa nyobain juga roti yang sering muncul di drakor ini.

Setelah dari KLCC, gue main bentar ke Pasar Seni. Iya malem-malem hehe, saat udah banyak toko tutup. Gue ada rencana beli sovenir, tapi gue pikir besok pagi aja lah karena gak banyak pilihan juga. Padahal sebenernya Petaling Street juga banyak oleh-oleh tapi gue gak nyaman jalan sendiri kalo untuk nyari oleh-oleh aja.

Jam setengah 9 gue udah sampai di hotel dan makan subway tercinta gue.

Itenarary Day 2
Iten ancur yang mungkin bisa bermanfaat